Pendidikan Tinggi Muslimah, Pentingkah?


(Baik buruknya peradaban manusia, ada ditangan para wanitanya)

Bismillah,

Akhir-akhir ini lagi disibukan dengan membaca berbagai artikel tentang pendidikan seorang wanita, gimana peran dia dengan pendidikannya itu sendiri, apa aja yang harus dia lakuin dengan ilmunya, gimana supaya ilmunya bisa dijadiin sarana dakwah dan bermanfaat untuk agama dan negara, gimana dengan keahlian/keterampilan yang dimiliki wanita bisa menolong agama Allah, bagaimana dengan pendidikan nya wanita tetap dapat melaksanakan kewajiban tanpa meninggalkan fitrahnya, dan banyak pertanyaan yang tiba-tiba muncul dan masih menyisakan tanya.
Teringat sebuah kutipan yang popular,
“Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya”.
.
Dear, ternyata selain wanita adalah makhluk yang dimuliakan islam, ia juga menjadi subjek utama peradaban manusia. Maka harus kita sadari, betapa Allah memberi amanah yg begitu besar untuk wanita. Allah mewajibkan hamba-Nya untuk menuntut ilmu. Agar yang laki-laki bisa menjadi pemimpin yang baik, dan para wanita menjadi manusia yang berkualitas, serta pendidik yang ulung untuk mencetak generasi terbaik.

Sungguh benar peran utama seorang wanita adalah menjadi mar’atus shalihah (wanita shalihah), zaujatul muthi’ah (istri yg taat), dan ummul madrasah (ibu peradaban). Ketiga peran tersebut lah yg akan semakin meningkatkan derajat taqwamu di hadapan-Nya.

Jika baik wanitanya, maka Insyaa Allah baik pula suatu negeri. Baik buruknya peradaban, ada di tanganmu.

Berkenaan dengan perannya itulah, perlukah seorang wanita berpendidikan tinggi?
Oke, Let's discuss about it!
-
Suatu permasalahan yang sejak dulu sering didengungkan oleh banyak kalangan, tentang nasib pendidikan seorang wanita. Hingga ada yang mengatakan,
“Anak perempuan itu tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, toh nantinya juga kembali ke pekerjaan rumah tangga, paling nantinya hanya berkutat didapur,sumur dan kasur saja”

Seiring maju dan berkembangnya zaman, pemikiran ini ternyata belum juga berubah. Mungkin karena kebanyakan dari mereka belum sadar tentang pentingnya pendidikan bagi seorang wanita. Meskipun statement ini tidak sepenuhnya salah, karena memang sudah menjadi fitrahnya wanita memiliki peran dalam urusan dapur dan rumah tangga nantinya. Tapi apa kalian juga tahu, kalau ternyata dengan pendidikannya, wanita punya peran besar dalam peradaban manusia?

Melihat realita diatas, sepertinya hal ini cukup bertentang dengan perintah yang sudah ditetapkan oleh Rasul-Nya.

 اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ
 “Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang lahat”

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
"Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)
-
Well, sebelum kita membahas lebih jauh, perlu diketahui nih, muslimah setidaknya harus memiliki pengetahuan dasar dari dua cabang besar pengetahuan di dunia ini. Yang dimaksudkan dengan pengetahuan dasar (basic knowledge) adalah tingkat pengetahuan yang ia butuhkan untuk menjalankan hajat hidupnya dengan baik. Dua cabang besar yang dimaksud di sini adalah cabang ilmu alat/ keterampilan untuk kehidupan dunia, dan cabang satu lagi yang paling penting adalah cabang ilmu Islam yang mencakup ilmu keimanan, ilmu ibadah, dan ilmu mu’amalah.

 “Wanita adalah tiang negara. Jika ingin menegakkan negara, lindungilah wanita; dan jika ingin menghancurkan negara, hinakanlah wanita”.
-
Rasulullah saw pun menganjurkan agar senantiasa mengutamakan pendidikan bagi wanita, karena wanita adalah guru paling penting. Jika ingin menyiapkan generasi yang berkualitas, maka pendidikan perempuan yang harus di persiapkan secara matang.

Begitupun yang dikatankan Moh. Hatta,
 “Jika kamu mendidik satu laki-laki, maka kamu mendidik satu orang. Namun, jika kamu mendidik satu perempuan, maka kamu mendidik satu generasi.” (Moh. Hatta)
Bahkan pendidikan tinggi, spesifikasi keahlian dan agama menjadi perbincangan dalam menciptakan sebuah peradaban. Bangunan peradaban yang kuat hanya dapat disusun oleh ibu atau wanita yang kuat agama dan banyak keahliannya.

Maka jika sudah berbicara mengenai wanita dan pendidikan, bukan lagi pengaruhnya hanya untuk dirinya pribadi, melainkan menyangkut kemajuan negeri dengan adanya generasi yang berkualitas tinggi.
Tidak salah rasanya, jika kemudian seorang RA Kartini begitu memperjuangkan hak wanita di zamannya. Berupaya untuk mencerdaskan sesamanya. Karena dari rahim mereka lah kelak akan lahir generasi-generasi dimana negara ini kemudian bertumpu.

Perbaikan suatu umat tidak akan terwujud kecuali dengan perbaikan wanita.
Perbaikan wanita tidak akan sukses kecuali dengan perbaikan jiwa.
Perbaikan jiwa tidak akan berhasil kecuali dengan pendidikan dan pembinaan.
Ya, dengan pendidikan dan pembinaan berkualitaslah wanita unggul bisa diwujudkan. Di sini peran seorang wanita sangat dibutuhkan agar generasi penerus memiliki kualitas teruji di masyarakat dan di hadapan Allah.
-
Ingat baik-baik ya dear, bahwa seorang wanita adalah pendidik terbaik keturunannya, maka jika anak tersebut bisa mengerjakan perintah-perintah Allah dari kecil, cerdas dan tegas dalam menyampaikan kebenaran. Maka kita bisa melihat ada ibu yang luar biasa di balik anak tersebut.

Semangat terus untuk kalian wanita dan calon ibu hebat diluar sana!
Kebayang gak sih, seberapa bahagia dan bangganya seorang anak yang lahir dari rahim ibu yang cerdas, berpendidikan, dan hafidzah✨
Tak ada kata terlambat untuk terus belajar,
Impian kalian, sudah semestinya terus dikejar:)
-
Lalu, apakah kamu masih berpikir pendidikan tinggi bagi muslimah itu tidak penting?
Atau bahkan timbul pertanyaan,
Kenapa bisa,  peran seorang muslimah mempengaruhi peradaban umat?
Atau pertentangan,
Kenapa sih, pendidikan perempuan harus selalu disangkut pautin sama anaknya kelak. Kenapa gak untuk kebahagiannya dulu, utamain apa yang dia mau. Terlalu memikirkan jangka panjang
Atau mungkiiin timbul pemikiran,
Serius banget si sama pendidikan, dibuat santuy aja kali, stay chiil😎”
Kuy, insyaa Allah kita bahas dan kupas lebih dalam di lain kesempatan^^

So, wanita di manapun berada jangan lelah untuk terus menuntut ilmu dan memiliki pendidikan yang tinggi, upgrade terus keahlian hingga batas kehidupan!




0 komentar